Pages

Monday, January 18, 2010

Home » » Pembuka

Pembuka

Alhamdulillah blogku jadi, meski aku tak tahu banyak tentang cara mengelolanya.,, Untuk mengawalinya., mari kita buka dengan bacaan basmalah "Bismillahirrahmaanirrahim" semoga dengan ini blog saya menjadi barokah selalu, amin! Hm, sebenarnya apa sih makna dari kata-kata "Bismillahirrahmaanirrahim" itu? ? ?

Bismillahirrahmanirrahim,,yang diartikan menjadi : Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.(QS 1 : 1). Ini adalah ayat pertama surat Al Fatihah, dan sekaligus ayat pertama dari seluruh Al Quran.
Kalau pengertiannya? Tentang ayat ini Tim Penerjemah Al Quran Departemen Agama RI memberi catatan kaki begini : Maksudnya: saya memulai membaca al-Fatihah ini dengan menyebut nama Allah. setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan sebagainya. Allah ialah nama zat yang Maha suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang Ar Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.

Hm.,, mungkin hanya sekian yang saya ketahui... So, jangan lupa untuk mengucap Basmalah sebelum melakukan suatu kegiatan! Be survive! ^-^