Pages

Sunday, January 23, 2011

Home » , , , , , » Penyangga Kehidupan, Fleksibel Ditempatnya

Penyangga Kehidupan, Fleksibel Ditempatnya


Air - air begitu bermanfaat bagi kita, badan-badan air melarutkan polusi, membangkitkan listrik, suplai irigasi, pasokan industri, mendukung perikanan dan satwa liar, dan air minum untuk penduduk serta mendukung perekonomian dunia yang semakin meningkat.

Disetiap bidang penggunaan air, kebutuhan akan air telah meningkat dengan cepat. Jumlah ini hanya mencakup apa yang diambil dari sungai-sungai, danau-danau, dan akuifer yang merupakan 30% cadangan mantap yang dapat diperbaharui didunia. Namun, meski air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya itu pun terbatas juga. Siklus air menjadikannya tersedia dalam jumlah tertentu setiap tahun dan dalam wilayah tertentu.
 
Masyarakat modern telah sampai pada anggapan bahwa air hanyalah sebagai suatu sumber yang tersedia untuk diambil, bukannya sebagai sistem pendukung kehidupan yang menyangga alam dunia tempat kita bergantung. Penggunaan air oleh manusia:  

Dalam bidang industri - industri hampir merupakan seperempat penggunaan air didunia. Untuk membuat ribuan produk yang kita gunakan sehari-hari (pakaian, kertas, computer, televise, plastic, listrik dll.) membutuhkan air dalam jumlah yang sangat besar. Bayangkan, untuk menghasilkan 1 kg kertas dapat membutuhkan sampai 700 kg air, dan untuk membuat 1 ton baja dapat membutuhkan air sebanyak 280 ton. Lalu, masih cukupkah persediaan air kita untuk meneruskan kemajuan industri di dunia?

Begitu pula dengan sekarang, kita menggunakan jasa PLN sebagai penyuplai energi listrik kita. Lambat laun, batu bara yang digunakan sebagai bahan untuk melakukan proses kerja PLN akan habis juga. Penyuplai listrik yang mungkin yang akan kita gunakan nanti adalah PLTA yang lebih efisien dan murah bahan bakar. Namun, jika saat itu tiba, dimana kita harus mengganti jasa PLN dengan PLTA, lalu tidak terdapat air yang bisa kita manfaatkan untuk menggerakkan turbin-turbinnya, bagaimana kita bisa mendapat pasokan listrik? Apa kita akan membuat para pekerja memutar turbin-turbin dengan tenaga mereka? Lantas, berapa ribu orang yang kita butuhkan untuk memutarnya tanpa henti untuk mencukupi kebutuhan listrik negara kita? Dalam bidang pertanian - bidang pertanian menuntut dua per tiga dari seluruh air yang dapat dimanfaatkan. Penggunaan air dalam bidang pertahian hanya mencakup irigasi dan mungkin kegiatan-kegiatan lain yang dapat mencemari kandungan air (pencampuran dengan obat tanaman). Namun meski demikian, pertanian menjadi aspek penting bagi kelangsungan hidup manusia, dimana proses rantai makanan akan dimulai dari sana. Jika kebutuhan air untuk tanaman tidak dapat terpenuhi dengan sempurna, maka kandungan nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman pertanian tersebutpun tidak dapat maksimal. Alhasil, meski kita telah makan teratur, banyak, dsb. kebutuhan gizi kita tidak dapat dipenuhi, dan tentunya itu akan berpengaruh pada kondisi kesehatan jasmani dan rohani kita.  

Bidang perkotaan - rumah, apartemen, perusahaan kecil san kegiatan kotapraja lainnya memerlukan kurang dari sepersepuluh dari penggunaan air seluruhnya. Meski jumlah ini lebih sedikit disbanding bidang-bidang yang lain, penggunaan air dalam bidang ini tidak kalah penting. Tentunya kita sering memanfaatkan air untuk kehidupan perumahan kita seperti mencuci, memasak, mandi, olahraga, makan, minum dsb. Pernahkah kita berpikir berapa liter jumlah air yang kita gunakan setiap harinya? Belum lagi air yang kita gunakan sia-sia.
Harga air memang begitu murah, tidak seperti kegunaan yang dapat dihasilkannya. Saat krisis air menjadi topik utama, yang pertama menjadi pemikiran adalah “Dimana air dapat ditemukan?” lalu “akan kuberikan apapun untuk mendapatkan air”. Saat kita kehilangan, kita baru dapat menyadari seberapa pentingnya air.

Daripada terus-terus berusaha memperolehnya dengan jumlah yang semakin banyak, kita harus mulai melihat ke dalam lingkungan kita untuk menemukan cara-cara guna memenuhi kebutuhan kita sambil menghornati fungsi-fungsi penyangga kehidupan yang dilakukan air.

Artikel ini saya buat sebagai artikel Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA